Skip to content

Product

Pasir Silika

PASIR SILIKA adalah pasir/batu pasir yang mempunyai kandungan SilikaDioksida / SiliconeDioxide (SiO2) yang sangat tinggi, yaitu sekitar 96%-99% kandungan SiO2 yang terdapat di dalamnya. Senyawa Sio2 ini mempunyai bentuk seperti kristal transparan.

Pasir Silika cenderung berwarna putih. Senyawa kimia ini memiliki tingkat kekerasan / hardness yang cukup tinggi, dan ini merupakan salah satu alasan mengapa pasir silika digunakan untuk sebagai media Sand Blasting. Pasir Silika sendiri mempunyai titik leleh yang sangat tinggi yaitu 1610 derajat Celcius, yang melebihi titik leleh besi, tembaga, dan alumunium, sehingga dapat digunakan untuk memproduksi cetakan dan inti untuk logam cor; untuk media mesin boiler; dll.

Pasir Silika adalah suatu mineral warna putih abu-abu kasap dan banyak tedapat di kepulauan Bangka-Belitung dan Lampung. Pasir Silika atau sering disebut pasir kuarsa adalah salah satu andalan dari kepulauan Bangka Belitung. Komoditi ini diperuntukkan untuk keperluan industri-industri baik untuk kebutuhan lokal ataupun eksport.

Berikut adalah kandungan kimia Pasir Silika kami (menurut analisa Lab. Sucofindo):

Materi silika(1)

meningkat. Dikarenakan semakin banyaknya keperluan dari hasil proses industri tersebut dimisalkan dalam pengolahan air bersih, sand blasting, pembuatan kaca, gelas, bola lampu, keramik dan lain sebagainya. Banyak sekali industri yang memerlukan barang tersebut, akibat kurangnya informasi yang mendalam sehingga sulit mencari pasir silika yang mempunyai mutu baik dari pulau Bangka tersebut.

Di dalam kesempatan ini kami dari grup dari CV Nagamas Prima Enterprise mempromosikan pasir Silika dari pulau Bangka-Belitung dan Lampung yang sangat berprospek, baik untuk kebutuhan lokal ataupun ekspor. Pasir Silika eks. Bangka mempunyai kandungan kimia yang sangat baik yaitu kadar Si02 sebesar >98% dan Kadar Fe2O3 di bawah 0,7% serta bersih daripada organik dan unorganik, yang melalui proses pencucian, pengeringan dan proses penyaringan/pengayakan (screening).

Kebutuhan Pasir Silika dan Gravel Silika terdiri dari:

  1. Water Treatment/Waste Treatment Plant
  2. Keramik, gelas atau kaca.
  3. Foundry (pengecoran)
  4. Sipil (floorhardener, waterproofing, groting, cement dan batchingplant)
  5. Oil company (cementing, gravel pack sand, mud logging)
  6. Sandblasting (industri perkapalan dan kontruksi baja)
  7. Waterglass
  8. Reklamasi
  9. Media Mesin Boiler

Penjelasan sebagai berikut:

  1. Water Treatment/Waste Treatment Plant
  • Water Treatment/Penyaringan Air

Ketersediaan akan air yang bersih semakin hari semakin sulit dan cadangan air tanah semakin sulit dicari karena perembesan air laut sudah memasuki dan bercampur dengan air tanah, itu sudah terjadi di daerah Jakarta dan di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Untuk itu salah satu kebutuhan pasir Silika adalah memanfaatkan sisa air limbah dari rumah tangga untuk diproses menjadi air minum yang bisa dipergunakan kembali.

Dalam hal ini peran pasir Silika sangat diperlukan untuk saringan air layak pakai dan layak konsumsi yang dibutuhkan oleh suatu kawasan industri atau kawasan pemukiman untuk kebutuhan air bersih dan rumah tangga serta industri-industri.

Pasir Silika ini berfungsi sebagai filter air yang berasal dari kali; tanah; sungai yang masih mengandung lumpur dan kimia ringan lainnya. Fungsi Pasir Silika ini menahan kotoran-kotoran fisik pada air, dan menyaring lumpur, pasir, tanah, menyaring partikel – partikel yang kecil, menghilangkan kandungan lumpur/ tanah dan sedimen pada air minum ,air sumur , air PDAM dan air pegunungan, dll.

Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) selalu membutuhkan pasir Silika ini sebagai filter yang baik untuk bangunan baru atau penambahan rutin, karena pasir Silika ini juga mempunyai titik jenuh di dalam fungsi penyerapan nya, baik kotoran halus atau kimia sehingga untuk tempo beberapa tahun harus ada pergantian dan penambahan rutin.

Kebutuhan pasar Silika ini dibutuhkan oleh perusahaan air minum sekitar 90% dari total kebutuhan dan sebagian filter.

Selama ini untuk industri air minum pasir Silika Eks. Bangka secara tidak langsung sudah diakui dan direkomendasikan untuk dipakai yaitu sebagai filter utama. Karena Pasir Silika Ex Bangka mempunyai kandungan Si02 sebesar 96%-99% dan kecil sekali untuk kandungan Fe2O3 yaitu dibawah 0,7%.

Untuk kebutuhan proses air minum dibutuhkan beberapa ukuran atau jenis pasir Silika dan bahan kimia lainnya seperti Karbon Aktif, Antrasit, Zeolite, Manganese Greensand, dll yang mempunyai Gradasi atau tingkatan ukuran dan kami dapat menyediakan ukuran / mesh sesuai permintaan.

Ukuran ukuran yang umum digunakan oleh industri pengolahan air minum tersebut adalah sebagai berikut:

01. Campuran gravel 2-6 mm dengan silika 14-20 mesh

02. Campuran gravel 5-7 mm dengan gravel 2-6 mm dengan silika sand 14-20 mesh

03. Campuran gravel 5-15 mm, 5-7 mm, 2-6 mm dengan silika 14-20 mesh

04. Silika Sand 8-16 mesh

05. Campuran gravel 1-2 cm dengan beberapa macam ukuran seperti di atas, dll.

B. Waste Treatment/Pengolahan Limbah

Digunakan sebagai proses Penyaringan limbah kotor yang mengandung limbah organik , sebagai Penahan dan Penjernihan yang tentunya memerlukan kimia lain sebagai proses akhir. Fungsi Pasir Silika atau biasa disebut pasir kuarsa (SiO2) adalah untuk menyaring lumpur, pasir, tanah, menyaring partikel – partikel yang kecil menghilangkan kandungan lumpur/ tanah dan sedimen pada air minum ,air sumur , air PDAM dan air Pegunungan, dll. Mengenai ukuran yang umum dipakai, tidak berbeda dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan di bidang kontraktor water treatment.

02. Industri keramik, gelas atau kaca

Membutuhkan pasir Silika dengan tingkat kadar Silika (Si02) Yang tinggi dan kadar besi (Fe02) sekecil mungkin dan pasir Silika Ex Bangka mempunyai syarat tersebut. Hanya karena kurangnya informasi dan promosi pengenalan barang tersebut, kami dengan adanya kesempatan ini mencoba memperkenalkan pasir silika dari pulau Bangka-Belitung, tersedia komoditi tersebut yang sudah cukup lama di produksi sehingga cadangan depositnya sudah tentu berkurang dan cadangan Silika yang baik semakin berkurang dan pasir Silika Bangka-Belitung adalah alternatifnya.

Ukuran pasir Silika untuk industri keramik dan kaca atau gelas adalah ukuran halus dengan kadar Si02 dan kadar Fe2O3 di bawah 0,04% dan pasir silika dari pulau bangka memenuhi syarat itu.

03. Foundry (pengecoran)

Dibutuhkan sebagai mal atau sebagai pembentuk bentuk barang untuk mencetak bahan besi cor cair sebagai bentuk barang yang diinginkan dan sebagai pengikat kadar O2 dalam leburan cairan cor tersebut. Industri ini membutuhkan kandungan kadar Silika yang tinggi selain itu juga membutuhkan tingkat kadar asam basa atau kekerasan atau ketuaan dari umur butiran pasir tersebut. Selain itu juga kebersihan daripada organik dan unorganik.

04. Sipil (Floor hardener, water proofing, cement, batching plant)

Sebagai bahan campuran semen dan bahan baku produksi mortar atau bahan pengganti pasir bangunan yang selama ini berasal dari pulau Jawa. Selain harga investasi yang mahal juga permintaan volume yang tinggi sehingga di dalam penjualannya menimbulkan kendala biaya / cost inventasi yang tinggi yang menyebabkan perusahaan lokal kurang berminat memasarkan produk ini.

Mutu kekerasan / kekuatan daya beban daripada pasir Silika ini dilihat dari tingkat kekerasan dari butiran dan ikatan satu sama lainnya sehingga daya ikat / kekerasan dalam semen yaitu dalam 1 m3 bisa menahan beban seberat 2500 kg. Pasir Silika ini sekarang digunakan sebagai bahan baku untuk campuran semen dan mortar sebagai bahan pembuatan gedung bertingkat, jalan layang dan sebagainya. Selain itu juga sebagai Pelapis / dari Bocoran atau retakan dalam gedung yang berada di bawah tanah (basement) / diatas gedung tersebut dengan cara suntikan dan coating.

05. Oil company (cementing, gravel pack sand, mud logging)

Sebagai bahan untuk pengeboran minyak di dalam bumi.

06. Sandblasting (industri perkapalan dan kontruksi baja dan loundry)

Dibutuhkan oleh industri Perkapalan baik itu bangunan baru atau maintenant sebagai komoditi untuk pembersihan karat yang melekat di dinding / lambung kapal dengan cara peniupan dengan tekanan angin / kompresor yang tinggi begitupun untuk industri konstruksi besi baja sebagai awal pembersihannya sebelum pengecatan. Ini dilakukan agar daya serap atau daya tahan cat tersebut bisa bertahan lama dari korosi. Begitu pula digunakan untuk perusahaan loundry.

07. Waterglass

Pasir Silika juga dipergunakan untuk industri kosmetik yaitu sebagai Jelly Gel yang diproses melalui industri. Ukuran yang digunakan tidak berbeda dengan kebutuhan pabrik kaca / gelas dan lainnya.

08. Reklamasi

– pasir laut (seabed)

– Pasir darat (silika)

Sebagai urukan untuk memperluas daratan di kawasan pantai untuk menjadi kan areal tersebut menjadi tempat pemukiman yang baru baik untuk perumahan atau perhotelan, pelabuhan laut dan pelabuhan udara, pariwisata pelabuhan kontainer dan sebagainya yang khusus dilaksanakan di pinggiran pantai. Pasir ini tidak mengandung clay atau lempung (organik/unorganik).

Hal ini dilakukan dengan cara memerlukan pasir Silika atau pasir laut untuk menghindari daripada dampak pencemaran lingkungan di dalam laut itu sendiri maupun di daratan bisa dihindari. Pasar ini sedang sangat dibutuhkan oleh negara tetangga kita yaitu Singapura yang sedang mengembangkan / perluasan daratan. Untuk kebutuhan reklamasi sangat baik untuk eksportir dikarnakan isu lingkungan sangat diperhatikan oleh negara tersebut.

09. Media Mesin Boiler

Pasir Silika sendiri mempunyai titik leleh yang sangat tinggi yaitu 1610 derajat Celcius, yang melebihi titik leleh besi, tembaga, dan alumunium. Sebab dari itu, Pasir Silika sangat cocok untuk media mesin boiler, di samping dengan harga yang terjangkau dan mempunyai ketahanan yang cukup kuat.

Demikian yang informasi yang kami sajikan sebagai bahan kajian.

Hubungi Kami

Phone: (021) 4255330 / (021) 4214622 / (021) 4409984
Whatsapp: 087878787696
Email: nagamasprimaent@gmail.com

KANTOR PUSAT
JI. Mardani Raya No. 8 Cempaka Putih Barat-Jakarta Pusat 10520

GUDANG
JI. Raya Cakung Cilincing Kav.8 Komplek Dewa-Ruci Tanjung Priok-Jakarta Utara